Minggu, 19 Februari 2012

Paragliding at Langkisau Hill (Bukik Langkisau) West Sumatra

tour de singkarak series by singkarak-blogspot.com


PESSEL, HALUAN — Tidak lengkap kiranya bila berkunjung ke Pesisir Selatan tidak mampir ke Bukit Langkisau (Langkisau Hill) dan kawasan satelit lainnya. Kawasan ini sangat menakjubkan, dan ditata sedemikian rupa baik fasilitas maupun tampilan puncaknya.

Langkisau Hill menawarkan keindahan tiga dimensi, laut, kota dan hutan. Pertama bila ditera­wang ke barat, anda akan disapa lautan luas dan pulau pulau kecil. Apalagi bila kunjungan itu dilakukan sore hari. Mega merah menunggu matahari terbenam adalah sesuatu yang mengasyikkan dan indah. Lantas palingkan pula pandangan ke di sisi timur, akan terlihat Kota Painan bak kubus kubus kecil yang tersusun rapi. Layangkan pula pandangan jauh, maka hutan rimba yang masih terjaga akan menjadi peman­dangan menyegarkan.

Langkisau Hill yang telah dikembangkan sedemikian rupa semenjak kepemimpinan Bupati Darizal Basir, kini telah menjadi tujuan kunjungan utama di Pesisir Selatan selain kawasan mandeh. Anda sekeluarga bisa menikmati keindahan panorama Puncak Langkisau sembari menikmati liburan.

Sarana pendukung yang bisa dimafaatkan pengunjung adalah pertama soal akses. Jalan menuju puncak langkisau kini sudah bisa dilewati kendaraan roda empat keatas. Artinya, meskipun dengan rombongan besar, kawasan ini bisa dijangkau dengan mudah. Dari Padang untuk dapat menca­pai kawasan ini anda harus me­nem­puh perjalanan sekitar 70 Km.

Bila menggunakan angkutan umum jurusan Padang-Painan akan berhenti di Terminal Sago yang berjarak 5 Km dari kota Painan. Untuk melanjutkan perjalanan ke kota Painan, para pelancong dapat menggunakan angkutan kota (angkot), atau ojek. Atau ada pula angkutan yang bisa langsung masuk atau melewati Kota Painan bila menggunakan sarana ini tentu lebih mudah.

Beberapa aktivitas di Bukit Langkisau dapat dilakukan oleh para pelancong. Diantaranya, paralayang. Paralayang adalah kegiatan adventure yang penuh tantangan. Klub paralayang kota Painan melakukan latihan rutin di bukit ini. Pendaratannya dilakukan di Pantai Salido. Salido terletak sebelah utara kota Painan, Posisinya berada antara Sago (terminal) dan Kota Painan. Selanjutnya, dipuncak langkisau akan di temui landasan pacu para layang, maket Langkisau Hill, kuburan keramat Inyiak Lang­kisau, panorama tempat ber­istirashat sembari memandang keindahan sekitar Langkisau.

Selanjutnya, bagi anda yang hobi melakukan pendakian, maka di sini juga tersedia jalur khusus bagi yang hobi mendaki mulai dari kaki langkisau. Yah sekedar untuk mengeluarkan keringat atau mem­bakar lemak.  Pemerintah setempat juga berencana akan menjadikan kawasan Langkisau Hill sebagai arena out bond. Tentu kini upaya itu masih dalam perencanaan. “Out bond nantinya akan menjadio daya tarik lain di Puncak Langkisau,” ujar Ichsa­nusataruddin, Kepala Dinas PU Pessel.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tahu betul bukit ini merupakan potensi pariwisata yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Oleh karena itu, diadakan ke­giatan-kegiatan yang mampu mengundang masyarakat luas ke kawasan itu.

Salah satunya dengan kegiatan Festival Langkisau yang diadakan setiap tahun sekali. Puas menik­mati puncak Langkisau, anda dengan bisa memuaskan perjala­nan ke Pantai Carocok, Batu Kureta dan Pulau Cingkuk. Semuanya merupakan kawasan satelit kawasan Langkisau Hill. (haridman kambang)

Sumber: Haluan

PEMANDANGAN TIGA DIMENSI LANGKISAU HILL
Ditulis oleh Teguh  
Minggu, 05 Juni 2011 02:02

0 comments:

Posting Komentar