Selasa, 27 Maret 2012

Persiapan dan Rute Tour de Singkarak 2012

KBRN, Padang : Event Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak-TdS yang telah digelar sejak tahun 2009 lalu di Sumatera Barat, menunjukkan berbagai peningkatan. Peningkatan yang dicapai diantaranya, bertambahnya partisipasi Kabupaten/Kota sebagai tuan rumah pelaksana.

Di tahun 2009 tercatat 4 Kabupaten/Kota pelaksana, tahun 2010 meningkat menjadi 10 Kabupaten/Kota, tahun 2011 menjadi 12 Kabupaten/Kota, dan tahun ini bertambah 2 tuan rumah yakni Kabupaten Sijunjung dan Pesisir Selatan. Selain itu, jumlah hadiah yang disediakan bagi pemenang TdS juga dinaikkan dari Rp750 juta menjadi Rp1 milliar.

Dalam konferensi pers Rabu (21/3), Kasubdit Promosi wilayah Sumatera Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Raseno Arya selaku Ketua Pelaksana TdS 2012 mengungkapkan, kegiatan Sport Tourism TdS yang telah masuk agenda rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional UCI dengan peringkat 2 point 2 ini diharapkan mampu menjadi event yang mendunia seperti Tour de France.

Guna meningkatkan kualitas TdS, panitia telah menetapkan 7 etape yang akan dilalui pembalap, serta menghindari rute-rute pendek dengan menyesuaikan jarak rute sesuai pedoman UCI. Kualitas team balap yang akan diundang juga ditingkatkan dengan ketentuan team yang sudah terdaftar di UCI maupun team Internasional dan Continental. Saat ini telah terdaftar 7 team asing yang menyatakan kesediaannya mengikuti TdS, diantaranya dari Australia, Singapore, dan Iran.

Raseno Arya menjelaskan, saat ini berbagai persiapan TdS 2012 telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota terkait. Guna memeriahkan event Internasinal tersebut, sejumlah atraksi budaya telah dirancang. Perbaikan ruas jalan yang akan dipergunakan sebagai rute TDS pun akan dimulai pengerjaannya April mendatang.

“Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi sudah siap, rapat intern terus dilaksanakan, dan juga perbaikan jalan yang akan dilalui juga dimulai April mendatang akan diaspal yang bagus, dan ini kami akan sering ke Sumatera Barat pantau kesiappannya, karena event ini (TdS) membawa nama Indonesia,“ ungkap Raseno Arya.

Lebih lanjut Raseno Arya mengungkapkan, guna mendukung kesuksesan TdS 2012, Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata telah menganggarkan dana sebesar Rp5 milyar.

Sementara itu, etape TdS tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yang biasanya diawali dari Kota Padang. Tahun ini start dimulai dari Kota Sawahlunto menuju Sijunjung, etape 2 Sijunjung-Harau 50 Kota, Etape 3 Payakumbuh-Bukittinggi, etape 4 Bukittinggi-Puncak Lawang Agam, etape 5 Padang Panjang-Singkarak, etape 6 Pariaman-Painan, etape 7 di Kota Padang. (Dodik S/WDA)

Sumber: http://www.rri.co.id/index.php/detailberita/detail/12725

0 comments:

Posting Komentar