Minggu, 15 April 2012

Bertualang Mencari Umang-Umang (Klomang) di Pulau Pisang, Padang, West Sumatra

"Ayo kita ke pantai mencari klomang" kata saya kepada si sulung dan adiknya. Seketika keduanya langsung meloncat dengan wajah-wajah yang diliputi kegembiraan luar biasa. Bagi anak seusia mereka, bermain dengan hewan-hewan adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Di tempat tinggal kami, hampir sudah tidak ada lagi hewan-hewan kecil seperti kupu-kupu, jangkrik, belalang yang mereka ajak bermain. Jadi kami terpaksa mencari ke desa-desa dimana hewan tersebut masih ada. Bagi saya yang memang lahir di kampung, hal tersebut tidaklah luar biasa, karena kegembiraan itu bisa kami dapatkan tiap hari di sekitar rumah.

Hari sudah menjelang siang ketika kami akan berangkat. Perjalanan ditempuh hanya dalam waktu 15 menit karena Pulau Pisang yang berada di pantai Air Manis Padang tersebut terletak dekat sekali dengan rumah. Cuma jalanan ke sana agak sempit, jadi disarankan untuk memakai mobil kecil.

Dari kejauhan kita dapat melihat dua pulau yang saling berjajar. Pulau yang paling kecil adalah Pulau Pisang Ketek dan yang paling besar adalaha Pulau Pisang Gadang. Kedua pulau ini memiliki pantai yang sangat indah.

Ketika pasang sudah mulai surut, maka kita dapat berjalan ke Pulau Pisang Ketek. Di sana, anak-anak dapat bermain sepuas hati karena masih banyak biota laut seperti bintang laut, landak laut, klomang, dan kepiting.

Puas main di pulang pisang, wisata dapat dilanjutkan ke batu Malin Kundang anak durhaka yang terletak dekat Pulau Pisang, atau kita bisa bermain bola di Pantai Air Manis, atau bahkan surfing di sana.

Jika membawa anak-anak, maka waktu seharian tidak akan terasa, bergembiralah dari pagi hingga sore. Jika lapar, maka banyak warung yang tersedia...

0 comments:

Posting Komentar