Senin, 28 Mei 2012

Hilang Sudah Asa United Kencana Malang Ikut Tour de SIngkarak 2012


Jakarta (ANTARA News) - Tim balap sepeda United Bike Kencana (UBK) Malang, Jawa Timur, akhirnya tercoret dari kejuaraan internasional Tour de Singkarak 2012 dengan alasan kuota tim lokal yang ditetapkan oleh panitia telah penuh.

Pelatih UBK Sugeng Trihartono saat dikonfirmasi dari Jakarta, Selasa, mengatakan kepastian timnya tidak bisa turun di kejuaraan balap sepeda internasional di Sumatra Barat ini didapat dari Direktur Perlombaan, Sondi Sampurno.

"Pak Sondi memberitahu kami jika kuota tim lokal telah penuh sehingga UBK tidak bisa masuk dan dasar yang digunakan adalah rangking Tour d`Indonesia 2011 lalu," katanya.

Menurut dia, meski sudah ada keterangan yang masuk, pihak UBK hingga saat ini masih menunggu surat resmi dari PB ISSI selaku pelaksana teknis di lapangan. Apalagi permintaan untuk turun di Tour de Singkarak juga dilakukan secara formal.

"Kami dulu meminta kejelasan dari PB ISSI melalui surat, tetapi hingga saat ini belum ada balasannya. Terus terang kami sangat menunggu datangnya surat itu," katanya menambahkan.

Tim UBK merupakan salah satu tim balap sepeda besar di Indonesia dan hampir tak pernah absen dalam setiap kejuaraan di Tanah Air. Selain itu pada SEA Games 2011 lalu mayoritas pebalapnya masuk pelatnas baik di nomor track maupun road race.

Dengan masuk ke pelatnas, dengan terpaksa tim asal Malang itu tidak turun pada Tour d`Indonesia 2011 yang hasil akhirnya digunakan sebagai acuan untuk turun di Tour de Singkarak 2012. Selanjutnya manajemen tim meminta kebijakan dari PB ISSI.

Khusus untuk Tour de Singkarak, prestasi yang ditorehkan UBK terbilang lumayan. Betapa tidak. Pada Tour de Singkarak 2010, salah satu pebalapnya yaitu Usman Ali dinobatkan sebagai raja tanjakan dan pada Tour de Singkarak 2011, pebalapnya yaitu Ferinanto mampu menjuarai etape pertama.

Sugeng mengaku, seharusnya PB ISSI sebagai induk organisasi memberikan kebijakan khusus agar timnya bisa turun di Tour de Singkarak 2012. Apalagi absennya di Tour d`Indonesia 2011 bukan kehendak tim melainkan dari PB ISSI yang menginginkan pebalapnya fokus ke SEA Games 2011 lalu.

"Seharusnya ada kebijakan khusus dengan masalah ini. Tapi keinginan kami tetap berbeda dengan keputusan panitia meski belum ada surat resminya," katanya dengan tegas.

Sementara itu Direktur Perlombaan Tour de Singkarak 2012, Sondi Sampurno saat dikonfirmasi mengaku, jumlah peserta yang diundang sebanyak 25 tim yang terdiri dari 17 tim asing dan delapan tim lokal. Tim lokal yang diundang didasarkan pada rangking Tour d`Indonesia 2011.

"Memang ada 25 sampai 26 tim yang diundang. Khusus untuk tim lokal kuotanya sudah penuh meski ada tim yang ingin masuk," katanya.

Khusus untuk tim lokal yang diundang adalah Polygon Sweet Nice (PSN), Araya Sidoarjo, Custom Cycling Club (CCC), Warung Sego Penyetan (WSP), Putra Perjuangan, Binong Baru Pessel, Cikeas Cycling Team serta tim lokal Sumatera Barat.

Informasi yang berkembang saat ini kemungkinan akan terjadi penambahan tim lokal. Hanya saja bukan tim UBK Malang yang akan masuk melainkan tim baru asal Surabaya yaitu Gilas.

sumber: foto dan  berita
http://www.antaranews.com/berita/311896/tim-ubk-malang-tercoret-dari-tour-de-singkarak
Selasa, 22 Mei 2012 20:41 WIB

0 comments:

Posting Komentar