Kamis, 17 Mei 2012

Festival Langkisau 2012 Ikut Memeriahkan Tour de Singkarak 2012


Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mematangkan persiapan "Festival Langkisau" X yang akan digelar bersama dengan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) mulai 6 Juni 2012.

Kepala Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana di Painan, Rabu, mengatakan, khusus "Festival Langkisau", pemerintah kabupaten (pemkab) setempat merencanakan penyelenggaraannya selama delapan hari, mulai 6 Juni 2012.

Sedangkan kegiatan internasional balap sepeda "Tour de Singkarak", kabupaten itu mendapat jadwal sebagai tempat finis pada 9 Juni 2012 setelah star atau mulai dari Pariaman pada etape enam.

"Kami sudah membentuk panitia dua acara bergengsi tersebut dan selanjutnya diberikan kewenangan sesuai tugas dan fungsi masing-masing untuk mematangkan persiapan. Khusus Tour de Singkarakan akan berlangsung 9 Juni, Festival Langkisau 6 -- 12 Juni 2012," katanya.

Pelaksanaan Festival Langkisau tahun ini sengaja direncanakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya yakni akhir bulan Juli.

Kata ia, Festival Langkisau X dilaksanakan lebih cepat karena menyesuaikan dengan "Tour de Singkarak" yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten ini.

Menyangkut persiapan Tour de Singkarak, panitia diminta untuk menyelesaikan paling lambat tanggal 1 Juni 2012, seperti jalan yang akan dilalui rute balap sepeda itu.

Jika jalan tersebut merupakan jalan negara (nasional) maka kewenangan untuk perbaikan dilakukan oleh Satuan kerja (Satker) wilayah 1 yang berada di Sumatera Barat.

Perbaikan jalan nasional akan dilakukan pada pecing-pecing yang rusak mulai dari perbatasan Kota Padang dengan kabupaten itu hingga Painan (pusat Kabupaten Pesisir Selatan).

Pemkab setempat dalam hal ini hanya mengusulkan untuk dilakukan perbaikan secepatnya sekaitan dengan pelaksanaan Tour de Singkarak, begitu juga dengan persiapan lainnya.



Sumber: Antaranews.com Kamis, 17 Mei 2012 20:19 WIB

0 comments:

Posting Komentar